Komunitas Pemerhati Lingkungan Bagi Pemuda!

Saya sedang blogwalking ke blog beberapa teman, sampai akhirnya menemukan blog Go Green Indonesia ini. Saya otomatis membukanya, dan karena saya memang concern di masalah alam langsung tertarik. Ternyata blog ini diurus oleh dua orang cewek yang usianya tidak jauh berbeda dengan usia saya. Saya sendiri kaget. Tapi sampai sekarang masih mencari, apa Go Green Indonesia ini sekedar gerakan di dunia maya atau ada juga kegiatan offline nya. Karena setelah saya perhatikan di bagian “Who?”, Go Green Indonesia hanya berisi dua orang gadis tadi, tanpa ada keterangan bahwa ini sebuah komunitas atau gerakan, atau yang lain. Simpulan saya sementara adalah kedua gadis ini hanya berusaha menyebarkan semangat dan artikel-artikel menarik mengenai gaya hidup hijau, tetapi saya belum menemukan gerakan kongkrit dari Go Green Indonesia. Saya rasa sayang jika gerakan yang mulia ini hanya sekedar gerakan di dunia maya saja. Akan lebih bermanfaat dan menarik jika gerakan ini juga bergerak di ranah nyata, mengumpulkan anak-anak muda yang juga concern terhadap global warming dan mau bersama-sama merubah Indonesia, paling tidak dari gerakan-gerakan kecil. Saya rasa ini akan menarik, karena pasti banyak anak muda yang juga concern terhadap masalah ini tetapi belum bisa bergerak karena sungkan (karena bergerak sendiri) atau belum mempunyai wadah yang tepat. Kalau gerakan offline ini menjadi kenyataan, Go Green Indonesia dapat menjadi wadah yang sesuai bagi mereka.

Saya pribadi sebenarnya mungkin seperti anak muda-anak muda yang lain. Concern masalah ini namun belum bergerak karena nggak pede bergerak sendiri. Ketika masih di Jogja, saya suka sekali menonton Big Ideas for a Small Planet di Metrotv. Namun karena kebanyakan isi program tersebut mungkin bersifat “besar” (maksud saya, tidak sederhana seperti memungut sampah :p) saya jadi hanya memiliki semangat namun tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu perang melawan global warming. Saya benci melihat sampah bertumpuk, tapi tidak tahu bagaimana bergerak untuk membantu mengatasi masalah ini. Saya benci melihat pohon-pohon ditebang, tapi tidak tahu bagaimana bergerak untuk membantu mengatasi problem ini. Karena itu saya rasa penting sekali adanya komunitas-komunitas yang concern pada masalah ini, karena biasanya komunitas-komunitas itu lebih “merakyat” dan bisa bergerak berkontribusi bagi penyelesaian problem alam ini dengan cara-cara yang bisa dilakukan bersama-sama. Hehehe.. Mungkin kata-kata saya agak ribet ya, jadi saya contohkan saja. Misalkan untuk gerakan kecil saja: membersihkan lingkungan monas yang penuh sampah. Mungkin jika kita hanya bergerak sendiri (baca: memungut sampah sendirian) tentu kita bisa tidak merasa nyaman karena dianggap aneh. Tetapi jika mengerjakannya secara bersama-sama (apalagi jika menggunakan “kaos seragam” komunitas mungkin? 🙂 , kita pasti akan bersemangat dan malah merasa bangga melakukannya, bangga menjadi bagian dari komunitas yang mau bergerak nyata dalam problem sampah di kota.

Intinya, adanya komunitas yang bisa menjadi wadah semangat-semangat muda untuk menciptakan dunia yang lebih baik (yah, sedikit membantu dalam menurunkan emisi karbon dan menyebarkan semangat yang sama ke masyarakat luas) itu sangat penting. Dan saya kira sangat diperlukan. Nah, pertanyaan saya, apakah Go Green Indonesia bisa menjadi wadah yang diperlukan tersebut? Semoga 🙂

2 thoughts on “Komunitas Pemerhati Lingkungan Bagi Pemuda!

  1. " Saya benci melihat sampah bertumpuk, tapi tidak tahu bagaimana bergerak untuk membantu mengatasi masalah ini. Saya benci melihat pohon-pohon ditebang, tapi tidak tahu bagaimana bergerak untuk membantu mengatasi problem ini. "same here..pasti remaja diluar sana juga banyak sekali yang serentak mengucapkan hal yang sama. bingung yah, disaat udah mulai biasa meneraokan Go Green di siri sendiri, keluarga dirumah masih membutuhkan banyak pengertian untuk apa kita 'susah-susah' Go Green.ive been reading for few posts on your blog.nice 🙂 keep blogging, ohya ngmg2 nama saya acha.salam kenal. haha :PSALAM GO GREEN!

Leave a Reply

