Akhir Musim 2009/2010: Siapa yang akan menjadi juara?

Menarik melihat Liga-Liga Eropa di akhir musim ini, dimana gelar juara masih harus ditentukan hingga laga-laga terakhir.

Mari kita lihat liga yang disebut-sebut terbaik di dunia, Liga Primer Inggris. Dengan empat laga tersisa, tiga tim teratas; Chelsea, Manchester United dan Arsenal masih mempunyai peluang untuk memimpin klasmen di akhir musim. Memang karena kesalahan Man Utd di akhir pekan kemarin, yang terpaksa bermain imbang 0-0 saat melawat ke kandang Blackburn Rovers, membuat Chelsea lebih leluasa memimpin klasmen dengan keunggulan empat poin dari Man Utd di peringkat kedua dan enam poin dengan Arsenal di peringkat ketiga. Ditambah lagi dengan kegagalan Arsenal kemarin, setelah kalah dari Tottenham Hotspur 2-1.

Tapi siapa bilang pesain-pesaing Chelsea akan menyerah begitu saja? Giggs menegaskan kalau timnya masih ada peluang.
“Semoga saja Arsenal dan Chelsea akan kehilangan poin. Dan semoga kami dapat memanfaatkan hal itu.”

Dari peringkat ketiga, Arsenal, The Professor juga belum menunjukkan tanda-tanda akan akan mengibarkan bendera putih walaupun kekalahan atas musuh sekota membuat peluang tim nya semakin tipis. “Sepanjang secara matematis masih mungkin, maka tidak ada yang tidak mungkin di sini. Tugas kami adalah untuk berjuang tapi meskipun mereka kehilangan poin kami tetap jauh tertinggal”.
Dengan empat laga tersisa, persaingan bisa dipastikan akan makin sengit. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa Man Utd dan Chelsea masih harus menghadapi lawan-lawan yang berat di akhir musim ini. Chelsea masih harus menghadapi Tottenham Hotspurs akhir pekan ini, juga Liverpool pada tanggal 1 Mei. Sedangkan bagi United masih ada derby Manchester melawan klub kaya Manchester City, dan lagi-lagi Tottenham Hotspurs di minggu berikutnya. Yang akan jadi catatan disini, apakah Hotspurs dapat menjegal dua klub ini seperti mereka menghancurkan Arsenal kemarin?

Beralih ke Liga Italia Serie A, Roma yang saat ini menduduki puncak klasmen tidak serta merta akan nyaman di sana, karena dipastikan Inter Milan akan tetap berusaha merebut tahta mereka kembali. Apalagi mengingat selisih poin mereka hanya satu, tentu saja Inter tidak akan menyerah begitu saja. Akan menarik jika kita melihat pertandingan yang akan dilakoni keduanya akhir minggu ini, dimana Roma akan melawan Lazio dalam pertandingan Derbi, dan Inter akan melawan Juventus. Kapten Inter, Javier Zanetti memastikan timnya justru akan semakin memacu gasnya untuk mengejar Roma, “Kami harus memenangi semua pertandingan. Kami turun ke lapangan selalu ingin meraih kemenangan. Itu sebabnya, mulai sekarang kami akan bermain dengan determinasi tinggi.”

Sebaliknya, Juve justru mengusung dendam Calciopoli yang sekarang dibuka kembali seiring dengan ditemukannya bukti baru berupa rekaman pembicaraan antara pemilik Inter, Massimo Moratti dengan beberapa orang lain. Juve menuding Inter yang membuat semua skenario Calciopoli. Bahkan Luciano Moggi, mantan direktur Juventus yang menjadi korban utama dari skandal besar sepakbola Italia ini juga turut bicara dengan mengatakan bahwa Calciopoli tidak ada sama sekali.

Apapun nanti hasil dari persidangan skandal ini, pertandingan akhir pekan ini bisa dibilang sangat menentukan. Siapa yang paling mempunyai semangat juara, Inter atau Roma?

Dari Liga Spanyol, walaupun Real Madrid dikalahkan dua kali oleh Barcelona yang saat ini memimpin klasmen dengan selisih tiga poin, mereka dipastikan tidak akan menyerah. Ronaldo menegaskan bahwa dia yakin timnya akan menjadi juara, “Aku yakin bahwa kami akan memenangkan liga. Kami hanya mengkhawatirkan tentang diri kami. Kami akan melakukan hal yang sama seperti yang kami lakukan saat ini. Kami percaya memilki kesempatan,”

Rekannya, Ravael Van Der Vaart juga mengatakan hal yang senada, “Kami masih memiliki peluang di La Liga tetapi kami harus memenangi pertandingan sisa”
Dengan lima pertandingan tersisa, segalanya masih mungkin bagi Madrid yang percaya bahwa Barcelona pasti bisa ditaklukan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s