Musik Berkualitas?

Seorang teman sedang kesal karena banyak orang merendahkan musik melayu. Terlepas dari suka atau tidaknya ia terhadap musik jenis ini, kata-katanya tampak menarik untuk disimak.”Gue kesel ngeliat orang ngejelek-jelekin musik melayu. Gue emang gak terlalu suka sama musik jenis ini, tapi menurut gue alesan mereka merendahkan musik melayu karena katanya musiknya gak berkualitas itu justru alesan yang gak berkualitas!” ujarnya.

Lho, kenapa emangnya?

Gini deh, emang lo tau musik yang berkualitas itu standarnya kayak apa? Emang ada badan standar musik yang nentuin musik berkualitas itu kayak apa?” dia malah menanya balik.

Saya akhirnya diam. Betul juga kata-katanya. Ketika kita tidak memiliki standar yang jelas apa itu musik yang berkualitas, bagaimana bisa kita menilai dengan objektif?

Selama ini orang yang mungkin ‘merasa-lebih-berpendidikan’ menilai musik yang berkualitas itu seperti musik-musik barat, atau musik-musik yang rumit seperti jazz atau klasik. Tapi orang lupa bahwa ada satu fungsi musik yang sangat penting: hiburan.

Ketika orang tak merasa terhibur ketika mendengarkan jazz tetapi benar-benar terhibur ketika mendengarkan musik melayu apa kita bisa langsung menilai dia selera musiknya jelek? Ah, sempit sekali sepertinya pikiran itu.

Jadi kesimpulannya?
Silakan pikirkan sendiri 🙂

Advertisements

One thought on “Musik Berkualitas?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s