Masa Depan Suram Liverpool

Ingat kejadian yang menimpa Leeds United pada tahun 2004? Klub yang pada awal milenium ketiga ini disegani di Eropa itu akhirnya harus menyerah pada kondisi keuangan yang memburuk dan akhirnya terdegradasi ke divisi Championship. Kondisi bahkan semakin parah, pada 2007 akhirnya Leeds terdegradasi ke League One, sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para fans. Bayangkan saja, jika di tahun 2001 klub kesayangan mereka masih berlaga di semi-final ajang paling bergengsi di Eropa, Liga Champions, enam tahun kemudian mereka harus melihat Leeds berkubang di kasta ketiga sepakbola Inggris.

Kini, hampir enam tahun setelah menjuarai Liga Champions dan empat tahun setelah terakhir kalinya berlaga di final Liga Champions, Liverpool FC, sebuah klub yang menurut International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) merupakan klub tersukses di Inggris abad 20 ini harus menghadapi ancaman yang sama dengan apa yang terjadi pada Leeds enam tahun yang lalu dan Portsmouth tahun lalu: masalah keuangan akut yang berakhir dengan degradasi. Ini tentunya adalah sebuah mimpi buruk yang tak pernah dibayangkan oleh Liverpudlian sebelumnya, tetapi sebuah skenario yang menurut legenda Arsenal, Ian Wright, mungkin saja terjadi.

”Pendukung Liverpool mungkin mengira keadaan tak akan menjadi lebih buruk, tapi percayalah, hal yang disesalkan bisa terjadi.” ujarnya kepada The Sun.

”Hal ini tak terbayangkan sebelumnya, tapi Roy Hodgson dan timnya bisa dengan mudah menemukan diri mereka terus berjuang melawan degradasi sepanjang musim. Sejarah dan tradisi mereka tak berarti dalam perjuangan seperti itu. Degradasi tak memperdulikan reputasi.”

Nasib The Reds akan ditentukan pada hari Jumat ini, ketika tenggat utang mereka yang mencapai £273 juta itu jatuh tempo. Jika mereka tak mampu membayar utang yang disebabkan oleh duo Amerika Tom Hicks dan George Gillett, maka pengurangan sembilan poin telah menanti dan klub akan masuk penanganan Administrasi. Pengurangan sembilan poin akan membuat mereka terjelembab di posisi terbawah liga dengan nilai minus tiga. Kita mungkin merasa biasa-biasa saja ketika hal ini terjadi pada Portsmouth musim lalu, tetapi, hey! Ini Liverpool, Bung!

Tetapi, walaupun kecil, semua masih tergantung pada hasil pengadilan antara pihak direksi dan Hicks dan Gillett. Jika pengadilan memutuskan kekalahan Hicks dan Gillett dan tak ada usaha banding dari keduanya, maka proses penjualan klub ke New England Sports Ventures (NESV) senilai £300 juta bisa berjalan dan hutang bisa dibayar tepat waktu. Tetapi jika Hicks dan Gillett mengajukan banding, yang menurut Guardian akan dilakukannya, maka proses pengadilan akan berlangsung lebih lama dan tenggat waktu 15 Oktober tersebut akan terlewat. Posisi terbawah liga dan pengurangan poin telah menanti, dan hal ini disebut-sebut dapat membuat NESV mundur teratur.

”Di samping pengurangan sembilan poin, hal ini dapat berimbas pada nilai Liverpool dan terbuka bagi para predator, sedangkan kami memiliki apa yang kami percaya sebagai pemilik yang benar yang akan membawa klub ke depan.” ujar Martin Broughton, Chairman Liverpool.

Pihak NESV sendiri menolak berkomentar sampai proses peradilan selesai. Namun banyak pihak percaya jika Liverpool sampai harus masuk administrasi dan mengalami pengurangan poin, mereka akan berpikir ulang untuk mengambil alih The Reds.

So, sekarang bola ada di tangan Hicks dan Gillett, apakah mereka akan mengalah dan membantu klub keluar dari masa sulit ini atau tetap teguh menganggap penjualan Liverpool ke pihak NESV bernilai terlalu rendah.

”Saat ini, mereka memiliki kesempatan untuk membiarkan penjualan klub berjalan sempurna yang akan membuat klub bersih dari hutang dan memberikan kami semangat baru sebelum laga hari Minggu melawan Everton.” ujar direktur manajer Liverpool, Christian Purslow.

”Itu akan memungkinkan mereka pergi dengan damai dibanding menimbulkan perselisihan yang kotor. Saya berharap mereka akan memikirkannya.”

P.S. Foto diambil dari Guardian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s