Kereta

Buat saya pribadi, kereta sebetulnya merupakan konsep kendaraan massal yang paling oke. Ada beberapa alasan, yang pertama dan terpenting tentu: gak mungkin macet. Yah ada sih macetnya kalo misalnya ada kereta yang berhenti terlalu lama di stasiun atau ada kerusakan teknis kereta. Tetapi aspek ini bisa ‘dikesampingkan’ dahulu karena tentu kita bisa mengupayakan minimalisasi kerusakan teknis tersebut.

Kedua, kereta adalah sarana transportasi yang cukup tepat waktu. Karena gak mungkin macet itu, jarang kereta terlambat terlalu lama. Jadwal kereta juga menjadi lebih pasti sehingga penumpang bisa memperkirakan waktu sampai dan waktu berangkat dengan baik.

Ketiga, kereta bisa mengangkut penumpang yang relatif banyak jika dibandingkan sarana transportasi umum lainnya. Misal, satu bus umum mampu mengangkut kurang lebih 20-30 penumpang. Kereta? Bisa 10 kali lipat tentu.

Memang, kelebihan-kelebihan kereta tersebut dapat pula kita temukan di angkutan udara yaitu pesawat. Tetapi, inilah kelebihan kelima kereta: murah meriah. Memang kenyamanan yang diberikan tentu berbeda, tetapi dengan kondisi masyarakat Indonesia sekarang ini, tentu lebih menyenangkan bukan menggunakan alat transportasi yang murah? 🙂

Meminjam jargon iklan sebuah provider seluler: hebat, hemat.

Memang, saat ini sistem perkeretaapian di Indonesia bisa dibilang masih amburadul, kacau, dan …….. (Silakan tambahkan sendiri kata yang tepat). Tetapi jika saja profesionalisme dan sistem yang digunakan PT KAI seefektif dan seefisien yang diterapkan di angkutan penerbangan, tentu naik kereta akan lebih nyaman dan menyenangkan!

Hidup kereta! *nyengir*

NB. Penulis bukan fans berat kereta, penulis lebih memilih motor sebagai kendaraan favoritnya. Ditulis di dalam kereta Pakuan Ekspress Jakarta – Bogor, 6 Desember 2010 pkl. 12.30

Advertisements

One thought on “Kereta

  1. Pingback: Baca Buku Di Kereta | @ekkyrezky

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s