Perayaan Tahun Baru: Sebuah Budaya

Ada suatu masa dimana saya merasa sangat ingin (kalau bukan terobsesi) untuk merayakan tahun baru bersama teman-teman. Ramai. Seperti orang-orang lain.

Tetapi makin kesini, saya malah bertanya-tanya; sebenarnya, apa sih makna atau filosofi dari perayaan heboh malam tahun baru? Dengan semua kembang api itu? Dengan semua pesta-pesta itu? Sebenarnya apa yang kita rayakan?

Sampai sekarang, saya tak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Sampai sekarang, saya tak tahu apa makna perayaan heboh itu.

Tetapi saya mengerti satu hal: inilah kultur. Budaya. Yang dilakukan secara berjamaah, global. Hampir di seluruh dunia mengakui budaya “pesta kembang api” ini. Inilah kultur yang -menurut saya- tak mungkin diubah.

Mungkin yang penting adalah kita bersenang-senang bersama-sama. Menyambut tahun yang mungkin lebih baik. Tak perlu merisaukan makna atau apapun, hanya bersenang-senang. Dan itulah kultur. Terkadang apa yang telah mengakar memang sulit dipahami. Yang penting, lakukan sajalah.

Leave a Reply

