Konsistensi

Saya punya masalah dengan konsistensi.

Terutama dalam hal menulis. Saya pernah mempunyai niat membuat sebuah blog khusus tempat saya menulis segala hal soal sepakbola. Dan niat itu pun saya lakukan, beberapa saat, sampai akhirnya timbul kemalasan untuk mengupdate blog tersebut. Akhirnya, hampir satu tahun blog itu terbelengkalai, baru tadi pagi saya update lagi.

Saya pernah punya…………. Entah berapa blog. Awalnya dengan niat spartan akan terus menerus meng-update blog secara regular. Bahkan ada masa-masa saya mengupdate blog sampai dua kali dalam sehari, demi memuaskan keinginan menulis saya. Tetapi ketidakkonsistenan saya kembali hadir. Blog terbengkalai, buat baru, terbengkalai lagi, dan begitulah seterusnya.

Tak hanya soal blog. Soal menulis biasa pun begitu. Menulis fiksi misalnya. Dari dulu sampai sekarang seingat saya belum ada satu cerpen pun yang utuh, saya tulis dari awal sampai benar-benar mencapai akhirnya. Memang ada beberapa yang sampai akhir, tapi saya merasa akhirnya terlalu dipaksakan. Saya benar-benar bermasalah dengan konsistensi.

Setelah berbicara dengan beberapa orang, akhirnya saya sadar bahwa masalah konsistensi bukan hanya menjadi masalah pribadi saya. Masalah ini telah menjadi masalah banyak orang. Hampir semua orang, kalo boleh lebay. Tak perlu jauh-jauh, tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda selalu konsisten memegang setiap ucapan dan menjalankan semua niat yang pernah Anda canangkan?

Pemerintah kita pun begitu. Tak pernah konsisten. Mereka (pemerintah dan antek-anteknya) bilang mereka berpolitik untuk kesejahteraan masyarakat. Benarkah? Tak perlu bermunafik, Tuan-Tuan. Kita semua mengetahui siapa yang semakin sejahtera dengan adanya politik praktis. Yang pasti bukan kami, rakyat biasa, kaum proletar.

Lihat, kan? Apa yang diucapkan tak selalu sesuai dengan apa yang dilakukan. Tak ada konsistensi dalam ucapan dan perbuatan kita.

Dari sini bisa kita simpulkan: manusia adalah makhluk yang tak konsisten.

Selamat mencari ketenangan di hari Sabtu ini.

Leave a Reply

