Nyaris Tiga Tahun

Jadi ceritanya, saya udah nyaris tiga tahun tinggal di Depok.

Iya, saya udah masuk semester 6 sekarang. Bener-bener nggak kerasa. Perasaan baru kemarin saya terkagum-kagum melihat kampus ini dari dekat ketika daftar ulang sebagai mahasiswa baru. Rasanya baru kemarin saya dengan noraknya naik bis kuning keliling UI, kalau nggak salah bareng salah seorang teman saya yang juga dari Jogja, Ayu. Dulu, saya sering sekali bergumam dengan diri saya sendiri, “Nggak nyangka gue bisa masuk UI.”

Dan sekarang tau-tau udah semester 6 aja. Artinya, dalam waktu kurang lebih satu tahun – satu setengah tahun kedepan, saya bakal meninggalkan kampus ini.  Dan harus melepaskan status mahasiswa. Lalu terjun ke dunia kerja.

Aneh rasanya.

Ada banyak hal yang sebenarnya ingin saya lakukan ketika menjadi mahasiswa. Dan akhirnya, (sepertinya) akan gagal saya lakukan. Menyedihkan memang. Apa daya, ketika cita-cita tidak sejalan dengan usaha yang dilakukan, apa yang sebenarnya diimpikan hanya akan tetap menjadi mimpi yang tak tercapai.

Untungnya, ada juga cita-cita yang berhasil saya capai. Salah satunya adalah mencari uang sendiri. Mungkin inilah satu-satunya hal yang bisa saya banggakan ketika menjadi mahasiswa. Nggak kerasa, udah nyaris dua tahun sejak pertama kali saya nyoba-nyoba berjualan jersey sepakbola. Dan udah nyaris satu tahun saya bekerja sebagai penulis berita sepakbola, satu cita-cita yang sudah ada sejak saya masih SMA.

Dan hal ini, (sekali lagi) adalah satu-satunya hal yang bisa saya banggakan saat ini.

Tiga tahun lalu, mungkin saya tidak pernah menyangka hidup saya akan berjalan seperti ini. Well, we never know what will happen next in our life, right? Segalanya berjalan tak terkendali, di luar rencana, bahkan kalaupun kita telah merencanakannya secara seksama.

Inilah hebatnya hidup.

Nb. Membuka galeri foto lama di Facebook dan melihat foto ini. Antara bangga dan………………. malu (?).

Entah berapa tahun lalu...

Leave a Reply

