Minggu Pagi di UI

Untuk kedua kalinya dalam tiga minggu terakhir, hari Minggu kemarin gue melakukan ritual olahraga pagi di hari Minggu seperti yang biasa orang-orang lain lakukan. Biasanya, gue paling males untuk olahraga di hari Minggu. Pertama, karena malemnya pasti begadang nonton bola dan paginya pasti harus nulis banyak laporan pertandingan yang panjangnya gak bisa disamain sama artikel normal. Yang kedua, karena hari Minggu pagi di UI pasti rame banget. Dua hal inilah yang membuat gue gak pernah olahraga di hari Minggu pagi di UI walau udah nyaris tiga tahun kuliah di sini.

Tapi tiga minggu terakhir, gue akhirnya nyoba untuk ikutan ritual orang-orang kota besar ini. Awalnya sih karena emang ngerasa butuh untuk ngegerakkin kaki yang pegel-pegel kebanyakan duduk di depan laptop. Tapi belakangan, gue punya alasan khusus: merhatiin orang-orang yang dateng ke UI untuk olahraga.

Bermodal sepeda pinjeman dari Tama, gue pun bersepeda keliling UI. Dan bener-bener merhatiin banyak orang yang tumplek blek di kampus UI Depok ini. Baru bener-bener sadar kalo di hari Minggu, UI ini bener-bener multifungsi.

Pertama, jelas komplek UI ini bisa dijadiin tempat lari atau jalan santai, baik sendiri atau sama teman-teman, atau malah sama keluarga. Hal ini sendiri kayaknya udah terjadi sejak lama, maklum, kampus UI yang juga merangkap jabatan sebagai hutan kota emang punya udara yang adem dan enak buat dijadiin tempat olahraga di pagi hari.

Seiring dengan menjamurnya lagi wabah bersepeda ria dalam beberapa tahun terakhir, fenomena sepeda pun juga ikut menjamur di UI di hari Minggu pagi (gue salah satu contoh yang ikut fenomena ini).  Hebatnya, di UI bahkan ada spot khusus buat tempat nongkrong para pesepeda ria, entah yang udah bapak-bapak maupun yang masih muda. Entah ini komunitas beneran atau cuma kebetulan ketemu doang, tapi di daerah jalan yang nyambungin antara daerah Teknik dan Asrama UI, para pesepeda Minggu pagi UI pada ngumpul di sana, saling majang sepeda-sepeda yang mereka gunakan, dan mengobrol satu sama lain.

Lewat lapangan depan rektorat (gue lupa nama lapangannya apa), yang dulu dipake buat upacara bendera pas masih mahasiswa baru, gue ngeliat UI rupanya bisa dipake buat aktivitas lain: adu main layangan! Iya, di sana, gue ngeliat beberapa anak kecil main layangan di satu tempat ditemani orang tua mereka. Asik, berasa ada festival layangan gitu di UI. Sayang gue lupa ngambil fotonya.

Fenomena lain yang gue temui adalah UI jadi tempat pacaran macam di film-film romantis! Hahaha.. UI emang punya beberapa spot yang kalo diliat sekilas bisa dijadiin tempat syuting film romantis deh. Dan spot-spot itupun dipake oleh mereka-mereka yang kurang beruntung karena masih muda tapi udah terikat sama orang lain untuk berpacaran. Dan untuk yang ini, gue juga lupa ngambil fotonya. Lagian…………. nekat amat gue ngambil foto orang pacaran dari deket. 😀

Tapi yang paling menarik adalah fenomena paling baru yang gue liat kemarin: UI jadi semacam showroom mobil bekas. Warga sekitar Depok yang ingin berolahraga di UI emang biasanya bawa mobil ke lingkungan UI, dan mereka biasanya parkir berjejer di pinggir jalan. Fenomena showroom mobil bekas ini pun terjadi dimulai dari depan Fakultas Ekonomi sampai depan Stadion UI. Pinggir jalan bener-bener dipenuhin mobil. Mulai mobil butut, sampai mobil mewah, semuanya ada.

Ngeliat jejeran mobil-mobil ini, ingetan gue langsung melayang ke hari Minggu di depan TVRI Yogyakarta. Di sana setiap hari Minggu memang selalu diadain bursa mobil bekas, dan di pinggir jalan di Jalan Magelang di depan TVRI pasti ada jejeran mobil-mobil bekas yang sedang menanti tuannya yang baru. Jadi mikir, gimana kalo di UI juga ada bursa mobil bekas gitu ya? 😀

Leave a Reply

