SMTown Jakarta: Tak Istimewa, Tapi Peduli Apa?

Menyaksikan SMTown adalah menyaksikan atraksi cahaya yang fantastis dari lightstick para penonton sembari mendengar jejeritan orgasmik dari para fans wanita yang begitu gembira melihat artis-artis pujaan mereka menari di atas panggung.

Bukan berlebihan, tetapi itulah kenyataannya. Kesan itu bahkan bisa langsung kita tangkap ketika konser artis-artis asal Korea Selatan yang bernaung di bawah SM Entertainment tersebut dimulai pukul 18.30 malam. Tepat sesaat sebelum grup f(x) naik ke panggung untuk menyanyikan Hot Summer (mungkin sebagai sindiran untuk Jakarta yang begitu panas di Sabtu kemarin?), lampu di sekitar tribun penonton dimatikan dan Gelora Bung Karno pun dihiasi dengan warna-warni dari lightstick penonton. Menawan.

Konser pun diwarnai dengan jeritan penonton, yang didominasi oleh kaum hawa. Jejeritan itu semakin parah ketika boyband-boyband favorit fans seperti Super Junior, Exo, dan DBSK muncul ke atas panggung. Bisingnya luar biasa. Sesaat, saya penasaran apakah ada yang cukup iseng membawa sound level meter ke dalam stadion malam tadi. Tentu menarik untuk melihat berapa tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh ribuan pita suara wanita di konser tersebut.

Penampilan para artis sendiri sebenarnya tidak terlalu istimewa, bisa dikatakan standar ala SMTown, sebagaimana seperti yang biasa kita lihat di rekaman SMTown lainnya yang bisa kita temukan secara bebas di YouTube. Pun tak ada unsur kejutan yang menarik di konser ini, kecuali ketika tiba-tiba Girls’ Generation dan f(x) tampil di atas sebuah panggung kecil tepat di depan tempat duduk VVIP. Hal menarik lainnya mungkin hanya kembang api yang rasanya pas dan tidak berlebihan dikeluarkan di konser ini.

Bintang utama di konser ini, seperti yang sudah diperkirakan, adalah Super Junior. Dugaan ini pun sebenarnya sudah muncul ketika melihat lightstick warna biru, yang merupakan lightstick khas para ELF (sebutan untuk fans SuJu), mendominasi tribun penonton malam tadi. Karena itu, tak mengherankan jika sambutan yang luar biasa diberikan oleh penonton ketika Leeteuk dkk. muncul di atas panggung. Tak mengherankan pula jika (sepertinya) SuJu diberikan jatah lebih banyak untuk tampil di atas panggung dibandingkan artis lainnya.

Tetapi kredit khusus pantas diberikan kepada DBSK alias TVXQ. Boyband senior di SME yang kini tinggal beranggotakan dua orang saja ini menjadi salah satu performer yang paling menarik untuk dilihat. Pujian paling besar tentu saja pantas diberikan kepada Max Changmin, yang tampil dengan suara yang prima dan tak terpengaruh meski menari dengan gerakan-gerakan yang menyita tenaga di beberapa lagu. Pujian juga pantas diberikan kepada Cassiopeia Indonesia, para fans TVXQ di Indonesia, yang menjadi fans paling kompak di konser ini. Mereka berkumpul di tribun 3B dengan lightstick warna merah di tangan. Mereka bahkan menjadi pemanas suasana sejak awal konser dengan menjadi yang pertama meneriakkan nama artis kesayangan mereka ketika fans-fans lainnya masih diam menantikan dengan sabar konser dimulai. Salut.

Konser ini bukannya berjalan tanpa masalah. Masalah terbesar tentu saja persoalan sampah di venue konser. Saya tidak mengerti mengapa promotor SMTown Jakarta, yaitu W Productions dan MP Entertainment, tidak menyediakan tempat sampah SAMA SEKALI di dalam maupun di luar stadion. Padahal, hal ini sebenarnya merupakan kebutuhan yang mendasar ketika mengadakan sebuah acara yang melibatkan begitu banyak orang di satu tempat dan dalam waktu yang lama. Menyedihkan rasanya ketika melihat gerbang masuk lingkar stadion yang menjadi venue konser mahal ini diwarnai dengan tumpukan sampah. Di dalam lingkar stadion pun lebih parah. Sampah berserakan di mana-mana, dan tak ada satu petugas kebersihan pun yang dikerahkan untuk mengatasi masalah ini. Karena itu, bukan hal yang mengherankan jika setelah konser berakhir dan kira-kira mayoritas penonton sudah pergi, lingkar dalam stadion Gelora Bung Karno benar-benar seperti Tempat Pembuangan Akhir.

Masalah lainnya adalah, saya tidak menemukan stand panitia yang kabarnya menjual merchandise resmi SMTown. Saya bahkan sampai berkeliling stadion dan sama sekali tidak menemukannya. Padahal, via Twitter, pihak promotor sudah mengungkapkan akan menyediakan stand merchandise resmi. Entah di sudut GBK mana mereka membuat stand tersebut.

Terlepas dari masalah-masalah tersebut, untunglah konser ini berlangsung lancar. Meski durasi konser ternyata lebih cepat dari perkiraan (Hanya 3,5 jam. Kalau tidak salah, biasanya SMTown bisa berlangsung hingga lebih dari empat jam), namun SMTown Jakarta, setidaknya, telah memuaskan para fans K-Pop di Indonesia yang selama ini memimpikan bisa menyaksikan langsung penampilan artis-artis idola mereka. Para fans K-Pop ini pasti tidak peduli dengan ketidaksempurnaan konser atau standarnya penampilan para artis. Bukankah yang terpenting adalah melihat artis-artis idola secara langsung?

Advertisements

37 thoughts on “SMTown Jakarta: Tak Istimewa, Tapi Peduli Apa?

  1. Setuju sm mslh sampah. Skrg GBK kebanggaan Indonesia udh berubah jd tempat sampah, timbunan sampah after concert (even before too) srsly no joke. Klo soal stand official merchandise ada kokk ๐Ÿ™‚ aku beli jg dsitu soalnya.

    • yuph stand merchandise ada banget deket antrian tribun 1c, saya kebetulan di tribun 2a dan harus lewat pintu utara.. Cuma, dikit banget merchandisenya pas sy antri lightstick cuma tinggal 200 sedangkan di dpn sy masi bejibun orang.. hehe.. ^^

  2. Ada ko marchan resmi smtown,temen aku ada yang beli acc smtown,malahan ada yang bikin paspor smtown dengan cover warna pink,didalamnya persis paspor pada umumnya di tambah stiker2 artis smtown,tapi ga bisa di beli langsung,harus pesan dulu di official smtown via web

  3. andai aq bsa leat psti aq g bkal bsa tdur, bsa kmpul ma ank2 K-POP trutma kumpul ma ank2 Cassie dan bsa leat Jung appa & Changmin. .
    Para Cassie yg g bsa nnton kmren jgn sdih krn aq ykin DB5K comeback br-5 konser di INA trus para Cassie di sluruh Indonesia bsa leat smua amin amin. .
    PROUD TO BE CASSIE
    HELLO AGAIN DB5K
    AKTF!

  4. kemarin cassie keren bgt di tribun3..aku cm bs ngeliatin dr tribun2 ky anak ilang ๐Ÿ˜ฆ pgn bgt gabung.. u guys awesome!! so proud!!
    N from all the perform,HoMin perform was the most stunning n awesome, even the sound system is a crap,they still can blow the stage….i’m to biased?? So just sue me! lol

  5. meski CASSIOPEIA tak seberapa jumlahnya tapi CASSIE KOMPAK krn bukan korban korea-wave yg hanya ikut2-an ska artis korea, cm melihat dr tampang n alay. CASSIOPEI TELAH LAMA mencintai TVXQ, saling mengenal dan menjadi keluarga besar. Jangan heran kalau CASSIE BISA KOMPAK.

  6. uuuuuhh ยทยทwanna cry T__T
    REALLY ….IM PROUD TO BE CASSIOPEIA ,arigato cassie” onee chan yg nnton oppa TVXQ kmren ,

  7. Wowww… aku disana booo… di tribun 3B. Dibelakangku Cassie, di depanku Elf… byuh,
    Pas Suju keluar, aku noleh belakang, Cassie pada duduk manis, hemat suara dan batere buat light stick kalee… Tapi begitu intro lagunya DBSK terdengar, otomatis kami pada berlompatan dan njerit-njerit. Bahkan satu yang aku heran, kenapa pas Changmin njerit, kok aku jadi rada kurang pendengaran dikit yah.. Soale tiap kali Changmin mengeluarkan lengkingannya, aku juga melakukan hal yang sama. Changmin tambah tinggikan suara, aku juga… dan sialnya, kayaknya orang-orang di sekelilingku juga melakukan hal yang sama. Walhasil, aku sukses mengalami gangguan pendengaran sampai aku udah mapan di kasur di rumah….

  8. i am in TRIBUNE 3B too,,depan aku ELF sampe merasa pengen pindah tempat duduk,,,U KNOW what guys? I LoVE all of your MAXIMAL VOICE FROM THE START and i am PROUD TO BE CASSIOPEIA!!!!!

  9. senengnya bisa liat lngsung TVXQ, aku mnggalau terus d rumah sampai konser berakhir sama teman yg beda fandom. Changmin blang nanti mau dtang k Indonesia lagi ya?

  10. aku di fest B.. sumpah tribun 3B keren.. Cassie JJang!!

    Sebenarnya aku mau ikut projek di 3B, cuma karena ini pertama.. aku pengen banget liat changmin dari arah dekat.. dan gila, tinggi itu nyata, tampan kemana2.. highpitch nya merinding..
    Lain kali aku bakal di tribun bikin projek, yang pentig uda perna liat aslinya dari dekat ๐Ÿ™‚

  11. Ciyeee yg pas bgt di tengah atas, diliatin homin mulu euy! Changmin sampe touchedbgt kan, pas speech doi blg ga nyangka fans indo sambutannya edan gt scara kemaren first time mereka kesini Gue yg di 2A bener2 salut sama cassie.. Best spot jd minoritas diantara mayoritas, We hv to admit kalo kemaren elf & sone emang dominasi bgt (fyi,i’m sone). Tp gue sendiri pun sone nyasar di 2A, sepemantauan gue 2A tuh es campur bgt. fandom nyasar semua , hehe . But overall salut buat semua yg ntn, krn i think kita semua supportive sih whoever yg lg di stage kita ttp fanchant, ttp screaming. Feeling sih, smtownSG and Thai ga bakal seheboh kita kemaren deh. JJang!

  12. i’m proud to be smtown family lovers.. hehehe… saya suka semua artis di SM dibandingkan agensi lain, meski gak bisa saya pungkiri saya juga suka agensi lain.. Hanya saja, kuping saya lebih menyukai SM family.. hehehe…
    Yuph, promotor kurang becus ngebenrin masalah sampah, pas pulang yang ada becek dimana-mana.. heheu.. sy di tribun 2a kebetulan..antrian masuk gate untuk ke venue kurang terorganisir, beberapa kali suara dari penyanyi juga lep-lepan alias kdg kdgrn kdg enggak.. hehe.. Saya salut sama Kangta yang meski di sini minim fansnya tapi tetep perform baik. Saya salut ama jumping Boa yang semept sy liat mereka pake baju kompkan warna kuning, meski cuma jadi minoritas. Saya salut ama cassie yg bersatu di satu tempat dan masih bisa setia ama idolnya.. Saya salut sama ELF yang menyebar dimana-mana bahkan mendominasi GBK. Saya salut sama fanboynya snsd yang gila, ternyata mereka juga bisa wah banget pas liat idolnya dan juga semua sone yang berhasil project birthday hyoyeonnya. Saya salut sama Shawol yang berhasil project birthday keynya dan itu warna warna mereka menggema juga di GBK. Salut juga buga exo fans yang memang bisa buktiin kalo exo punya nama di Indo..

    Terlepas dari fans lama ataupun fans baru yang dateng, mau itu fans ababil atau fans mature, perform mereka tetep memuaskan kita semua para fans. Inti dari kita dateng konser gak bisa dipungkiri pengen liat langsung mereka, pengen rasain gimana fanchant, dan masih banyak lagi.
    Mau Kangta, BoA, DBSK, Suju, SNSD, SHinee,EXO semuanya perform memuaskan para fans.. hehehe

  13. I was there, di tribun 2A. Dua hal yang bikin saya terpana banget banget di konser itu: dominasi sapphire blue (hampir jadi SAPPHIRE BLUE OCEAN) dan kumpulan cassie di tribun 3A (MERAH MENYALA!). keren!
    ga terpana sama artisnya karna dari tribun 2A ga keliatan jelas, dan saya emang udah pernah liat SJ. haha
    biar kata orang kbanyakan yang make “biru” tuh cuma ikut-ikutan ato suka SJ karna fisik doang, but I don’t care… saya seneng kalo SJ makin banyak fansnya. Together let’s fill the world with sapphire blue ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s