Memimpikan Jailolo

Tulisan ini diikutkan dalam “Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo.

Keindahan Teluk Jailolo yang luar biasa. Gambar dari: http://www.festivaltelukjailolo2013.com

Saya selalu memimpikan untuk bisa mengunjungi Indonesia Timur, daerah yang sudah dianggap sebagai surga bagi para pecinta wisata alam terutama bahari. Pantai yang indah, air laut yang bening dengan gradasi warna yang membuat bulu kuduk merinding bahkan walau hanya melihatnya lewat gambar, dan budaya lokal yang eksotis merupakan alasan-alasan utama mengapa saya selalu bermimpi untuk pergi ke sana. Saya yakin, beberapa dari Anda pun memiliki impian yang serupa.

Salah satu tempat yang amat ingin saya kunjungi adalah Teluk Jailolo. Tempat ini memang belum lama saya ketahui, tepatnya baru pada bulan Maret lalu, ketika saya membaca mengenai akan diadakannya Festival Teluk Jailolo. Teluk Jailolo sendiri berada di Maluku Utara, tepatnya di wilayah Kabupaten Halmahera Barat. Daerah ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena adanya Festival Teluk Jailolo: sebuah festival tahunan yang mengangkat soal potensi wisata daerah nan indah tersebut yang diwarnai dengan pameran kekayaan budaya lokal. Pada tahun 2013 ini, Festival Teluk Jailolo akan kembali digelar untuk kali kelima, dan akan diadakan pada 16-18 Mei 2013 mendatang.

Tak ada waktu yang lebih tepat untuk mengunjungi sebuah daerah wisata selain ketika diadakan festival akbar yang menjadi ciri khas daerah tersebut – begitu pula dengan Jailolo. Mengunjungi Teluk Jailolo ketika diadakan Festival Teluk Jailolo merupakan sebuah kesempatan mewah yang tak akan bisa Anda dapatkan setiap hari. Rasanya kunjungan ke sana akan begitu lengkap, karena selain melihat keindahan alam Jailolo, kita juga bisa menikmati sajian budaya setempat. Layaknya sebuah kombinasi yang sempurna: menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa sambil mengagumi hasil kreasi manusia yang menjadi budaya tradisional setempat.

Tak heran jika kemudian saya amat ingin mendapatkan kesempatan untuk berada di Teluk Jailolo pada 16-18 Mei mendatang, ketika Festival Teluk Jailolo diadakan. Saya ingin dengan mata kepala saya sendiri melihat keindahan Teluk Jailolo dari jarak dekat, bukan hanya menikmatinya dari gambar-gambar yang banyak bertebaran di dunia maya. Saya ingin mengenal budaya Maluku Utara yang disajikan di Festival Teluk Jailolo tersebut, dan mendapatkan pengalaman yang akan membuka mata saya bahwa Indonesia bukan hanya Pulau Jawa. Agar saya bisa memahami Indonesia yang seutuhnya.

Dan jika saya mendapatkan kesempatan itu, saya secara otomatis pasti akan menceritakan kepada semua orang: mengenai megahnya perayaan Festival Teluk Jailolo dan mengenai keindahan Teluk Jailolo. Saya akan menyalurkan kekaguman saya terhadap Jailolo kepada semua orang baik lewat tulisan maupun gambar; baik lewat blog pribadi, forum, media sosial, maupun mulut ke mulut. Karena saya percaya bahwa pengalaman individu yang diceritakan kepada orang lain adalah sarana promosi yang paling ampuh, dan bahwa kekaguman bisa ditularkan.

Dan karena saya percaya bahwasannya mengunjungi Jailolo adalah sebuah keharusan.

One thought on “Memimpikan Jailolo

  1. Pingback: Blog Contest ‘Jailolo, I’m Coming’ Submission – Gilolo Bay Festival

Leave a Reply

