(Selera Saya) Hijrah Ke Jepang

Setelah bosan dengan K-Pop, karena gaya yang mereka tawarkan itu-itu saja dan Leessang atau 10cm belum mengeluarkan album baru lagi, saya sempat hijrah dan mencoba mendengarkan Indie Pop seperti Belle & Sebastian, Camera Obscura, atau Seabear selama beberapa waktu, tetapi pada akhirnya tidak bisa menggilainya dan walhasil kini pun pindah haluan lagi. Kali ini, pilihan saya tak jauh dari Korea: Jepang.

Sebetulnya saya sudah mendengar musik Jepang sejak zaman SMA, tapi ketika itu masih terbatas pada L~arc~en~ciel atau soundtrack-soundtrack anime. Kali ini, saya mencoba mendengarkan di luar kedua itu, selain karena saya memang sudah bosan dengan Laruku.

Dan ternyata, musik populer Jepang itu menyenangkan. Jauh lebih beragam dibandingkan K-Pop, apalagi musik rock mereka juga memang maju. Akhirnya, sejak beberapa bulan terakhir pun saya benar-benar nyemplung ke musik Jepang, yang ditandai dengan hampir setiap hari saya mendengarkan lagu-lagu Jepang dan bukan lagu-lagu lainnya.

Karena saya memiliki penyakit ‘harus-kasih-tahu-orang-lain-kalau-menemukan-lagu-bagus’, maka saya pun ingin menuliskan lagu-lagu apa saja yang saya sukai dari musisi-musisi di atas.

YUI

Ini adalah penyanyi Jepang yang pertama saya sukai setelah sembuh dari penyakit Korea. Paling gampang untuk berkenalan dengannya adalah dengan mendengarkan album The Best-nya, Green Garden Pop & Orange Garden Pop, karena hampir semua lagu di album itu memang bagus dan enak didengarkan, tetapi ada beberapa yang amat menonjol bagi saya.

1. feel my soul
2. Your Heaven
3. CHE.R.RY ~Bossa Live Version~

PERFUME

Pertama mendengarkan Perfume akan memberikan Anda sensasi yang aneh. “Lagunya aneh,” adalah komentar saya dulu, ketika pertama mendengar album The Best pertama mereka. Tapi dasar racun, pada akhirnya saya malah ketagihan, dan mendengarkannya setiap hari, terutama lagu-lagu berikut:

1. Dream Fighter
2. Electro World
3. Seventh Heaven
4. Mirai No Museum
5. Spring of Life

Stereopony

Ini adalah band pop rock layaknya SCANDAL yang terkenal itu, namun hanya berisi tiga cewek yang kini usianya baru memasuki 20an. Sekarang grup ini sudah berganti nama menjadi Evanpony karena Evan Taubenfeld bergabung dengan mereka. Saya belum sempat mendengarkan lagu mereka yang baru, tapi album The Best Stereopony benar-benar pantas Anda dengarkan.

1. Super Girl
2. Chiisana Mahou
3. Hitohira no Hanabira

Ikimonogakari

Jika YUI dan Stereopony memiliki unsur rock yang kental, Ikimonogakari benar-benar nge-pop. Musiknya benar-benar easy listening, enak didengarkan jika sedang bersantai…. atau bergalau.

1. Akaneiro No Yakusoku
2. Uruwashiki Hito
3. Sakura

One thought on “(Selera Saya) Hijrah Ke Jepang

  1. Pingback: Selera Saya Hijrah Ke Jepang – 2 | @ekkyrezky

Leave a Reply

