2014: Tahun Kejar Setoran

20130723_162120Saya tidak sengaja bertemu dengan seorang teman kuliah yang sudah lama tidak bersua siang tadi, dan seperti biasa, sebuah pertanyaan yang masuk dalam kategori Frequently Asked Questions-ketika-bertemu-teman-lama muncul. “Kerja di mana sekarang?” tanya teman saya yang Subhanallah cantiknya ini.

Pertanyaan mengenai di mana sekarang bekerja jadi pertanyaan yang rutin ditanyakan oleh seorang teman yang sudah lama tak bertemu. Apalagi jika terakhir kali bertemu saat masih kuliah. Hal yang wajar, tentu. Sayangnya dari dulu, saya selalu bingung menjelaskan pekerjaan saya. Pekerjaan saya memang tidak terlalu umum dan kalau saya sebutkan, dalam beberapa kesempatan, saya pasti harus menjelaskan panjang lebar.

Pekerjaan utama saya saat ini adalah menjadi translator, editor, dan social media officer bagi situs resmi Chelsea FC. Nah, setiap kali saya menyebut “Kerja buat Chelsea”, kebanyakan orang akan tak percaya atau merasa kurang paham maksudnya jawaban saya. “Chelsea? Situs fans club?” atau “Chelsea klub sepak bola?” adalah tanggapan yang umum saya dapatkan. Maka saya pun harus menjelaskan dengan lebih detail, kalau saya bekerja memang bekerja sebagai penerjemah dan editor situs resmi Chelsea FC dalam Bahasa Indonesia. Jawaban yang biasanya akan berujung pada pertanyaan lain soal bagaimana saya mendapatkan pekerjaan tersebut.

Saya juga bekerja sebagai editor dan social media officer untuk situs Bolatotal.com. Karena kehidupan double-job yang saya jalani ini, saya seringkali dikira masih freelance, walau sebetulnya saya bekerja secara full-time di kedua tempat tersebut. Kehidupan seperti ini bisa saya jalani karena saya memang bekerja secara remote alias tanpa kantor, hanya lewat internet. Sesuatu yang akan dianggap menyenangkan bagi sebagian orang, walau pada kenyataannya, bagi saya, yang menjalaninya, kehidupan seperti ini tidak sepenuhnya menyenangkan.

2014 seakan memang jadi tahun kejar setoran bagi saya. Selain dua pekerjaan yang terhitung full-time tersebut, saya juga masih disibukkan dengan proyek buku Piala Dunia bersama beberapa teman; Mahir Pradana, Aditya Nugroho aka Aditchenko, Arsyad M. Fajri aka Aad, Angga Wirastomo aka Pinguinprop, dan Galih Satrio. Tak tanggung-tanggung, kami menggarap tiga (3!) buku sekaligus, yang akan diterbitkan oleh dua penerbit berbeda. Bukan hal yang mudah dengan kesibukan sehari-hari masing-masing.

Belum lagi, kalau memang jadi, akan ada satu proyek buku lainnya bagi saya sendiri, yang harus segera diselesaikan sebelum musim depan dimulai. Benar-benar tahun kejar setoran!

Leave a Reply

