Akhirnya Menemukan Jaringan Internet Yang Bisa Diandalkan

Bagi seorang pekerja remote seperti saya, alias pekerja yang gak punya kantor dan cuma mengandalkan internet buat menunaikan tugas, koneksi internet adalah sesuatu yang amat vital. Bukan sembarang koneksi, karena agar bisa bekerja dengan tenang, koneksi internet yang cepat dan stabil adalah hal yang mutlak diperlukan karena pekerjaan saya biasa melibatkan kegiatan upload dan download file berukuran besar. Koneksi yang stabil juga amat penting jika saya harus melakukan rapat online via Skype dengan supervisor saya dan teman-teman editor lain dari Thailand, Korea Selatan, Jepang, hingga Hong Kong. Alangkah malunya saya kalau koneksi internet begitu buruk ketika melakukan rapat Skype seperti itu karena secara tak langsung akan membuat teman-teman saya berpikir kalau koneksi internet di Indonesia begitu buruk. Dan saya memang pernah mengalaminya sendiri, sampai-sampai bos saya pernah mengkritik soal koneksi saya yang lambat….

Masalahnya, memiliki koneksi internet yang cepat sekaligus stabil dengan harga terjangkau adalah hal yang sulit di Indonesia. Jaringan internet di negeri ini memang sudah cukup berkembang, tetapi seringkali masih terasa belum cukup karena masalah stabilitas yang kerap mengganggu. Pakai ISP yang mahal, masih belum terjangkau buat saya, apalagi sayang betul jika harus menghabiskan ratusan ribu cuma demi internet, padahal sebetulnya bisa ditabung. Jadi gak heran kalau saya cukup sering gonta-ganti provider demi mencari yang pas buat saya andalkan buat bekerja di kosan. Pas maksudnya memenuhi empat syarat saya soal koneksi internet yang oke:

1. Sinyal kuat di mana-mana

2. Koneksi cepat

3. Koneksi stabil – karena cepat aja nggak cukup!

4. Terjangkau

Sebagai “petualang provider” (sebut saja begitu), saya pun menjajal satu-satu koneksi internet masing-masing provider. Baru-baru ini saya nyangkut di Indosat (provider yang dulu saya pakai waktu jaman SMP-SMA. Ha!) karena Indosat baru aja meluncurkan jaringan baru Super Internet yang dijamin cepat dan stabil.

Apa kelebihan jaringan baru Super Internet-nya Indosat?

Pertama, jelas kecepatan. Gak mungkin Indosat berani menamakan layanannya dengan kata “super” kalau gak betul-betul super, kan? Nah, kecepatan koneksi Super Internet Indosat ini diklaim bisa mencapai 42 Mbps. Tapi, kayak yang saya bilang tadi, cepat aja nggak cukup. Koneksi internet yang oke adalah yang cepat dan stabil – dan Super Internet Indosat diklaim memenuhi kedua syarat itu.

Untuk sinyal? Tahu sendiri lah Indosat bukan pemain baru di dunia provider telekomunikasi Indonesia, jadi untuk sinyal gak ada masalah. Harga? Jujur aja, saya kaget pas lihat daftar paketnya. Murah dan kuotanya gede.

Jaringan baru Super Internet Indosat sendiri saat ini sudah bisa dinikmati di beberapa kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Tinggal gunakan gadget yang memiliki teknologi DC-HSPA+, aktifkan paket yang tersedia (mulai dari paket harian hingga bulanan, dan yang pasti, dengan harga yang terjangkau), dan koneksi internet berkecepatan up to 42 Mbps (Yup, up to 42 Mbps!) bisa langsung dinikmati. Mudah dan murah. Cepat dan stabil.

Tapi selain memenuhi keempat syarat saya soal “koneksi internet yang oke”, ada satu hal yang saya suka dari Super Internet-nya Indosat: bisa gratis Super WiFi.

Super WiFi adalah layanan internet via WiFi Indosat, biasanya bisa ditemukan di tempat-tempat publik, yang punya kecepatan tinggi. Saya sering betul nemu hotspot Super WiFi Indosat ini – kadang di 7-Eleven, kadang di mall, bahkan pernah nemu hotspot Super WiFi pas iseng-iseng aktifin wifi tablet saya di angkringan. Entah di mana routernya sebenernya. 😀

Jadi buat menghemat kuota dan pas lagi di tempat-tempat yang ada jaringan Super WiFi Indosat, kita juga bisa berinternetan sepuasnya dengan gratis. Ini jelas fitur yang oke – apalagi buat orang kayak saya yang pelit kuota. :))

Lagi nongkrong di Dunkin. Wifi Indosatnya banyak amat. :D

Lagi nongkrong di Dunkin. Wifi Indosatnya banyak amat. 😀

2 thoughts on “Akhirnya Menemukan Jaringan Internet Yang Bisa Diandalkan

Leave a Reply

