Cheonggye Plaza: Tempat Favorit Saya Di Seoul

Saya selalu menyenangi tempat-tempat publik di mana orang-orang bisa duduk-duduk, menikmati pagi atau sore, bercengkrama dengan saudara, pasangan, atau teman, atau menyendiri sambil mendengarkan musik atau membaca buku. Intinya, tempat yang memungkinkan masyarakat bersantai atau beraktivitas ringan – dan karena itulah saya menyenangi taman. Selalu tempat publik seperti taman. Tempat favorit saya di Kuala Lumpur, misalnya, adalah taman belakang KLCC, di dekat air mancur yang sering beratraksi di siang dan sore hari itu. Sementara di Ho Chi Minh City, tempat favorit saya adalah 23-9 Park, taman kecil yang berbentuk memanjang mengikuti jalan Pham Ngu Lao yang terkenal sebagai wilayah turis.

Di Seoul, tempat favorit saya pun masih bertema sama, meski kali ini tidak berbentuk taman. Di Seoul, saya menemukan tempat favorit saya dalam bentuk Cheonggye Plaza.

My favorite spot in Seoul: Cheonggye Plaza.

A post shared by Muhammad Rezky Agustyananto (@ekkyrezky) on

Apa itu Cheonggye Plaza? Cheonggye Plaza pada dasarnya adalah sebuah tempat rekreasi publik yang juga menjadi awal aliran air di tengah kota Seoul yang bernama Cheonggyecheon. Bayangkan kota Seoul memiliki sebuah parit besar di tengah kota, lalu dibuat indah dan dijadikan area rekreasi masyarakatnya. Itulah Cheonggyecheon. Dan Cheonggye Plaza adalah tempat aliran air ini bermula, dan menjadi tempat terbaik untuk menikmati Cheonggyecheon itu sendiri.

Saya benar-benar menyempatkan diri saya untuk datang ke sini karena tergiur melihat foto-foto di Google, dan tak salah: tempat ini memang sungguh menyenangkan. Saat saya datang ke sana, ada instalasi berupa sejumlah besar payung dengan warna sama yang digantung di atas, dan itu sungguh keren. Belum lagi aliran air yang bersih, dan juga beberapa pagelaran seni jalanan yang dilangsungkan di sana menambah menariknya tempat ini. Duduk di pinggirnya sambil menikmati semua itu selama berjam-jam di sore hari pasti sangat menyenangkan.

Dan itulah yang saya lakukan di sore terakhir saya di Seoul. Walau tak sampai berjam-jam, setidaknya saya sempat menikmati beberapa puluh menit duduk di sana, menikmati bunyi aliran air serta pertunjukkan musik dan sulap yang berlangsung.

Sangat menyenangkan.

Untuk mengunjungi tempat ini, naik subway line 5, turun di exit 4 atau 5 City Hall station, lalu berjalan sekitar 200 meter ke arah yang berkebalikan dengan Seoul Plaza.

Advertisements

One thought on “Cheonggye Plaza: Tempat Favorit Saya Di Seoul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s