Sayonara

FireShot Capture -  - http___www.bolatotal.com_jurnalbotoligans-ekkyrezky.html

Minggu ini, linimasa @Bolatotal dipenuhi dengan artikel-artikel/esai-esai lawas para (eks) penulisnya. Artikel-artikel yang, beberapa, bahkan sudah hadir di situs Bolatotal.com sejak 2012 lalu. Bukan karena tak ada artikel baru di Bolatotal.com. Tapi karena ini dirasa sebagai momen yang tepat untuk mengingatkan kembali orang-orang, bahwa situs ini pernah menjadi wadah penulis-penulis sepak bola muda berbakat di Indonesia, yang telah menghasilkan puluhan dan bahkan ratusan tulisan-tulisan yang mengasyikkan, yang banyak disukai (beberapa juga dihujat) oleh khalayak pembaca.

Momen nostalgia ini juga semacam upaya saya untuk menandai akhir (sementara) Bolatotal.com.

Ya, meski nantinya mungkin tak akan ada kata perpisahan dari Bolatotal.com layaknya #SOCCERPamit yang ramai di akhir tahun 2014 lalu, tapi mulai 1 Mei 2015 situs ini akan berhenti beroperasi hingga waktu yang tak ditentukan.

Ini adalah keputusan yang menyedihkan, tentu. Bagi saya, Bolatotal sudah seperti sebuah proyek pribadi (di luar tempat saya mencari nafkah, tentu), karena inilah kali pertama saya mendapatkan mandat yang besar di sebuah media. Sesuatu yang menjadi cita-cita saya sejak kuliah dulu.

Meski akhir dari proyek ini mungkin kurang menyenangkan, tapi saya tetap bersyukur pernah bisa menjadi bagian dari Bolatotal. Saya belajar banyak, terutama karena di sinilah untuk pertama kalinya saya menjadi editor. Karena di sinilah untuk pertama kalinya saya mengurus sebuah media.

Sekarang, saatnya menutup buku yang lama dan membuka buku yang kosong dan baru. Siapa tahu ada pengalaman menarik lainnya yang menunggu di luar sana.

2 thoughts on “Sayonara

Leave a Reply

