Trik Memperingkas Ukuran PDF dari Photoshop

Ceritanya, semalam saya mengupdate CV saya untuk kepentingan pekerjaan. Karena bosan dengan CV yang biasa-biasa saja, saya pun mencari-cari template CV yang bagus tapi juga mudah untuk diedit. Maklum, saya memang tak punya kemampuan untuk mendesain apapun menggunakan Photoshop, Illustrator, dan software-software sejenisnya. Jadilah saya hanya bisa mengandalkan template-template yang sebagian disediakan gratis di internet. Banyak kok, kamu juga pasti bisa menemukan yang oke kalau sabar meng-Google-ing.

Akhirnya saya mendapatkan desain yang cukup oke dan tidak sulit-sulit amat untuk diedit menggunakan Photoshop. Desain template gratisan seperti ini ada juga yang disediakan dalam format PSD, jadi bisa langsung diedit menggunakan Photoshop. Setelah 3 jam bergelut dengan minimnya pengetahuan saya mengenai tools di Photoshop, CV yang saya inginkan akhirnya jadi juga.

Masalah muncul ketika saya menyimpannya dalam format PDF. Ukurannya mencapai 6MB, bukan ukurannya yang pas untuk dikirim melalui email….apalagi untuk melamar pekerjaan. Saya pun harus mengutak-atik caranya agar ukurannya bisa lebih kecil lagi, setidaknya di bawah 1MB. Setelah membaca forum sana-sini dan mencoba-coba, akhirnya saya temukan caranya.

PDF

Caranya mudah sebetulnya. Pertama, simpan dokumen dengan Save for Web. Hasilnya nanti adalah dalam bentuk gambar JPG dengan ukuran yang lumayan kecil (milik saya hanya 460KB), dengan ketajaman gambar yang lumayan bagus. Kemudian buka gambar tersebut di Photoshop, dan langsung di-Save As dalam bentuk PDF. Hasilnya adalah PDF CV dalam ukuran hanya sekitar 400an KB. Ukuran yang lumayan pas untuk dikirim ke perusahaan yang hendak kamu tuju.

Saya sudah membandingkannya dengan cara-cara memperkecil ukuran file PDF lainnya, dan cara yang saya gunakan menghasilkan file dengan ketajaman gambar yang terhitung sangat bagus. Siapa tahu cara ini bisa kamu coba juga. 😀

2 thoughts on “Trik Memperingkas Ukuran PDF dari Photoshop

Leave a Reply

