Menyoal Service Center LG dan Trik Menghilangkan Baret Pada Lensa Kamera LG G3

Smartphone LG G3 yang saya miliki sudah memiliki masalah dengan kameranya sejak tahun lalu, hanya dua atau tiga bulan setelah pembelian. Awalnya saya kira ini memang karena kameranya jelek, tapi saya malas menanyakannya ke service center, sampai kemudian smartphone saya bermasalah di baterai. Dua bulan yang lalu, baterai LG G3 saya tiba-tiba cepat habis, dan suatu ketika, smartphone saya bahkan tidak bisa hidup sama sekali. Mau tak mau, saya pun ke service center.

Ternyata baterainya harus diganti, dan garansi baterai hanya 6 bulan yang berarti saya harus membelinya. :”( Sekalian, saya akhirnya menanyakan soal kameranya. “Kameranya kenapa seperti ada lapisan putihnya seperti ini ya? Warnanya jadi pucat betul.” Petugas service center LG Panglima Polim, Jakarta Selatan, itu lalu menyarankan untuk melakukan penggantian kamera, yang mana masih dicover garansi. Sayangnya kamera penggantinya tidak ada dan saya harus menunggu tiga hari untuk dipesan terlebih dahulu.

Saya kemudian kembali lagi, dan setelah diganti kameranya, ternyata masalahnya masih sama saja. Petugas LG kemudian menemukan masalahnya: ternyata bukan kameranya yang bermasalah, tapi cover lensanya yang menyatu dengan tombol power di bagian belakang smartphone. Sudah ada banyak baret di sana, dan itulah yang menjadi penyebabnya. Masalahnya, cover lensa plus tombol power ini sulit mendapatkannya, bahkan oleh LG sekalipun karena sedikit yang memesannya. Saya sudah menunggu selama lebih dari sebulan, dan sampai hari ini pun belum juga dihubungi. Menyerah, akhirnya saya memilih cara lain.

Saya pernah tak sengaja membaca bahwa ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baret-baret halus di layar smartphone. Saya kemudian terpikir untuk melakukannya di cover lensa smartphone saya ini. Dan ternyata, memang sudah ada orang-orang yang menggunakan trik ini untuk menghilangkan baret di cover lensa kamera smartphonenya – tak cuma di LG G3, masalah ternyata juga muncul di HTC One M8 yang super itu. Di YouTube, saya menemukan video tutorialnya, dan mencobanya.

Voila!

Before

Before

After

After

Lihat perbandingan gambar hasil kamera LG G3 saya sebelum dan sesudah dibersihkan dengan trik di atas. Beda betul. Masalah gambar pucat pun tak lagi muncul di G3 saya, sesuatu yang sudah menjadi semacam “mimpi buruk” ketika harus memotret dengan smartphone sejak awal pembelian.

Kalau malas memutar video yang saya embed di atas, berikut saya paparkan langkah-langkahnya.

1. Ambil kapas atau cotton bud, oleskan sedikit pasta gigi (yang berbentuk pasta, bukan gel).
2. Bersihkan penutup lensa smartphone dengan cotton bud/kapas dengan gerakan melingkar. Lakukan dalam waktu yang agak lama. Tekan cotton bud dengan agak kuat saat melakukannya.
3. Oleskan sedikit cairan pembersih yang mengandung alkohol di sisi lain cotton bud, lalu lakukan gerakan yang sama pada penutup lensa untuk membersihkan sisa pasta gigi.
4. Kalau belum berhasil, ulangi cara yang sama sampai beberapa kali.

Saya berhasil membersihkannya setelah dua kali melakukannya. Kuncinya adalah jangan ragu untuk menekan cotton bud saat membersihkan baret-baret di cover lensa kamera. Juga jangan gunakan pasta gigi secara berlebihan – sisa pasta gigi bisa menempel di celah-celah kecil di dekat penutup lensa smartphone.

Semoga trik di atas cukup membantu. Masalah ini ternyata sering terjadi di LG G3. Saya baru menemukan tulisan keluhan mengenai ini di Facebook LG Indonesia. Sang pengirim pesan menulis bahwa masalah baret pada penutup lensa kamera juga dialami saat ia masih menggunakan LG G2.

Selain masalah G3 yang kerap bermasalah (selain masalah kamera, bagian bawah smartphone yang mudah retak ternyata juga kerap menjadi keluhan para pengguna smartphone flagship LG pada 2014 lalu ini, terutama para pengguna generasi pertama), saya juga agak terganggu dengan kualitas service center LG.

Sebetulnya saya sangat terbantu karena bisa mengganti mesin dan rangka luar LG G3 milik saya secara gratis lewat garansi, tetapi masalahnya spare part LG G3 ini sangat terbatas, bahkan di service center mereka. Contohnya, ketika saya hendak mengganti kamera, saya harus menunggu tiga hari, sementara penutup lensa kamera + tombol power yang sudah saya pesan sejak lebih dari sebulan yang lalu belum juga ada kejelasan. Selain itu, meski saya dijanjikan akan dihubungi jika sparepart yang diminta sudah tersedia, saya tidak pernah dihubungi – saya harus datang ke sana lagi dan lagi untuk menanyakan apakah sparepart-nya sudah ada. Misalnya pada hari Senin kemarin, saya akhirnya kembali ke sana lagi karena saya tak juga dihubungi soal ketersediaan rangka luar dan mesin G3, yang harus diganti karena smartphone saya bermasalah sangat parah, padahal sudah lewat dari jumlah hari yang dijanjikan (petugas LG menjanjikan saya akan dihubungi dalam waktu tiga hari). Setelah di sana, ternyata sparepart memang sudah tersedia, Lalu kenapa saya tak dihubungi?

Walhasil, selama sebulan terakhir saya harus sekitar enam kali bolak balik ke service center LG di Pangpol, padahal tempat tinggal saya di Depok, artinya cukup jauh juga. Pengalaman sebulan terakhir (plus LG G3 saya yang terus-terusan bermasalah) membuat saya agak kurang percaya lagi dengan LG. Padahal menurut saya, dua smartphone flagship mereka dalam dua tahun terakhir, LG G3 dan LG G4, secara kualitas sangat bagus. Tapi apalah artinya kualitas smartphone jika kemudian ia sering bermasalah (sampai-sampai harus ganti mesin) padahal belum juga satu tahun, sementara layanan purna jualnya membuat susah…

One thought on “Menyoal Service Center LG dan Trik Menghilangkan Baret Pada Lensa Kamera LG G3

  1. Gan pemasalahan sya jga sama sprti agan, tapi saya paki hp ALCATEL FLASH PLUS, itu cairan alkoholnya merek apa, dan beli dmna gan ?
    Apakah bsa pake pasta gigi peps*dent.?

Leave a Reply

