Mengenal FIFA Lewat Monolog John Oliver

Tiga hari terakhir, topik pembicaraan utama orang-orang di linimasa saya adalah tentang FIFA. Seperti yang sudah diberitakan, federasi sepakbola internasional ini tengah diguncang skandal korupsi terbesar di sepanjang sejarahnya setelah sekitar sejumlah pejabat terasnya ditangkap oleh kepolisian Swiss atas permintaan Departemen Kehakiman Amerika Serikat. Penangkapan para pejabat tinggi FIFA dari berbagai negara ini terkait kasus penyuapan hak siar Piala Dunia dan turnamen-turnamen lainnya, yang melibatkan pihak-pihak dari FIFA dan CONCACAF, federasi sepakbola Amerika Utara. Anda bisa membaca selengkapnya lewat penjelasan di artikel bagus Vox.com ini.

Vox.com sendiri adalah situs berita favorit saya saat ini. Bukan hanya karena konsepnya yang berusaha menjelaskan berita, tapi juga karena Vox juga tak segan-segan memberikan link berita atau mengembed video dari sumber lain untuk memberikan bacaan/tontonan lebih jauh soal isu yang sedang dibahas, sehingga selalu ada banyak info-info baru yang bisa didapatkan – bahkan meski kita awalnya hanya membaca satu artikel saja. Nah, saat berselancar di Vox.com membaca beberapa artikel, termasuk terkait skandal FIFA, salah satu artikelnya menampilkan cuplikan video dari Last Week Tonight With John Oliver edisi tahun 2014 lalu, seminggu menjelang Piala Dunia 2014 Brasil.

Saat itu, John Oliver, seorang Inggris, menceritakan tentang betapa excited-nya dirinya karena Piala Dunia akan segera dimulai, tapi di sisi lain juga geram dengan FIFA dan kebusukan yang ada di dalamnya. Dalam monolog berdurasi 13 menitnya tersebut, John Oliver dengan kocak menjelaskan mengapa Piala Dunia begitu penting bagi para pecinta sepakbola dan mengapa FIFA adalah organisasi yang sangat buruk untuk para penontonnya, orang-orang Amerika, yang kebanyakan tak peduli pada soccer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s