Mengharapkan Eksekusi Shireen Sebagai Titik Balik Game of Thrones

Saya pernah begitu ingin berhenti membaca review-review serial TV favorit saya karena opini para penulisnya kerap kali mengubah gaya pandang saya terhadap serial TV tersebut. Tetapi kemudian akhirnya saya kembali membacanya, karena saya selalu ingin tahu apa yang orang pikirkan tentang episode terbaru serial TV favorit saya, dan ingin melihat bagaimana orang melihat satu scene atau episode yang menarik perhatian.

Tapi bahkan sebelum membaca review episode terbaru Game of Thrones (S05E09), saya sudah berpikir bahwa adegan Putri Shireen dibakar hidup-hidup untuk dipersembahkan kepada Lord of Light adalah sesuatu yang berlebihan. Kita mungkin sudah berpikir bahwa akhir Shireen akan seperti ini, jika mengingat bagaimana GoT berusaha lebih banyak memberikan porsi pada sang Putri yang setengah wajahnya membatu karena penyakit greyscale di sepanjang musim kelima. Tetapi ketika momen itu datang, tetap saja rasanya keterlaluan. Ini adalah momen yang bahkan terasa lebih menyakitkan ketimbang adegan Sansa Stark diperkosa – dan jika para penulis GoT memang berusaha menghadirkan momen yang level menyakitkannya menyamai Red Wedding atau eksekusi Ned Stark, maka mereka telah sukses.

Namun mungkin eksekusi Shireen seharusnya menjadi titik balik Game of Thrones untuk menjadi serial yang lebih menyenangkan dan berpihak pada karakter-karakter protagonis. Barangkali sudah saatnya bagi GoT memberikan gambaran apa hubungan petualangan Arya Stark di Braavos dengan cerita utama serial ini, dan menceritakan apa yang terjadi pada Bran Stark di utara. Karena, saya setuju dengan sebagian besar kritikus yang saya baca, Game of Thrones sudah terlalu gelap, terlalu mengandalkan pembunuhan karakter-karakter baik untuk memberikan kejutan bagi para penontonnya, dan mungkin serial ini sudah tiba di titik di mana ia berbalik menuju kutub positif – menuju akhir yang bahagia.

Karena semenarik-menariknya ending yang buruk, penonton akan lebih mengapresiasi, dan mengharapkan, ending yang bahagia. Dan semenarik-menariknya proses mengkhianati harapan penonton, serial ini akan terasa lebih menyenangkan dan bisa lebih diapresiasi jika ia berhenti memberi depresi pada mereka. Setelah pembunuhan-pembunuhan karakter baik yang sudah berlangsung selama lima musim ini, rasanya penonton berhak mendapatkan akhir yang bahagia.

One thought on “Mengharapkan Eksekusi Shireen Sebagai Titik Balik Game of Thrones

Leave a Reply

