Ini Adalah Saat yang Tepat Untuk Membaca Komik

Kebangkitan Marvel sebagai sebuah perusahaan yang kemudian mengembangkan cakupan bisnis mereka ke layar perak membuat pahlawan super menjadi jenis karakter yang sangat digilai lagi di dunia. Bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga bagi orang-orang dewasa. “Demam superhero” ini juga menjangkiti layar TV, terutama dengan suksesnya serial-serial TV yang juga mengambil karakter dan inti cerita dari karakter pahlawan super di komik. Jika Marvel lebih dominan di sektor film, pada sektor televisi, DC Comics, kompetitor Marvel, lebih aktif dan sukses meski dalam dua tahun terakhir, serial TV yang mengangkat kisah karakter-karakter dari komik Marvel pun mulai bermunculan dan meraih sukses.

Kebangkitan Marvel dan DC dalam mengangkat karakter-karakter pahlawan super dari komik mereka ke versi live-action sepertinya telah membuat pergeseran tersendiri pada selera anak-anak saat ini. Jika anak-anak 1990an lebih mengenal Dragon Ball dengan Songoku, Songohan, atau Bezita sebagai pahlawan-pahlawan mereka, anak-anak di akhir era 2000an hingga saat ini barangkali lebih mengenal, dan mengidolai, sosok-sosok pahlawan Avengers seperti Iron Man atau Thor. Atau juga Spider-Man, yang sudah muncul dalam dua seri berbeda buatan Sony Pictures. Dan melihat trennya, sepertinya pahlawan-pahlawan super dari Amerika ini akan terus merajai daftar pahlawan anak-anak selama bertahun-tahun mendatang.

Hal ini bisa diprediksi dengan melihat bagaimana Marvel Studios, yang kini dimiliki oleh Walt Disney, mengumumkan fase ketiga Marvel Cinematic Universe dengan membocorkan judul-judul film yang akan mereka rilis hingga tahun 2019 mendatang. DC pun diperkirakan akan mengangkat berbagai judul film dari karakter-karakter komik yang mereka miliki, termasuk Batman vs Superman yang akan dirilis pada tahun 2016 mendatang.

Batman - The Dark Knight Returns-188

Bahwa sebagian film-film rilisan Marvel tersebut (juga DC lewat trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan) kerap mencatatkan rekor-rekor baru di Box Office menjadi bukti bagaimana dunia saat ini memang tengah berada di era baru pahlawan super. Belum lagi melihat kesuksesan beberapa serial TV seperti Arrow, The Flash, dan Daredevil, yang kerap menjadi bahan perbincangan orang. Pertanyaannya kemudian adalah, dengan banjirnya film dan serial TV tentang pahlawan super Marvel dan DC ini, apakah ini juga menjadi saat yang tepat untuk membaca komik-komik pahlawan Amerika?

Jawabannya adalah: ya!

Meski sebetulnya film dan serial TV sudah cukup menceritakan kisah sang karakter pahlawan, tapi terbatasnya durasi yang diberikan di media film dan TV tidak akan pernah bisa menyelami betul-betul dunia pahlawan super DC dan Marvel yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Ambil contoh Batman. The Dark Knight sejatinya sudah hadir sejak tahun 1940an, dan sejarahnya yang panjang tersebut tentu tidak bisa ditampilkan sepenuhnya lewat serial tv dan komik. The Dark Knight trilogy, misalnya, dengan apik menceritakan soal pertarungannya dengan beberapa musuh utamanya di komik: Scarecrow, Ra’s Al Ghul, Joker, dan Bane (serta Talia Al Ghul). Tapi trilogi tersebut tidak bisa benar-benar menceritakan kompleksnya sosok Bruce Wayne, hubungannya yang intim dengan Selina Kyle (sekalipun di akhir The Dark Knight Rises diperlihatkan bagaimana keduanya liburan bersama), dan kompleksnya hubungannya dengan Talia, yang di komik menghasilkan seorang anak laki-laki bernama Damian (yang kelak menjadi Robin).

Masalah terbatasnya durasi tentu membuat film dan serial tv tidak bisa menggambarkan Batman dan Bruce Wayne seutuhnya sebagaimana di komik, dengan puluhan tahun cerita yang sudah berlangsung. Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengenal sang manusia kalelawar? Tentu saja, dengan membaca komiknya.

Masalahnya kemudian: bagaimana mengikuti komik karakter yang kita sukai dengan ratusan chapter yang sudah dibuat oleh para kreatornya?

Beberapa yang sangat ingin mengikuti komik karakter yang ia sukai dari film biasanya mungkin akan dengan naifnya berusaha membaca ratusan komik yang sudah dibuat. Saya, contohnya, pernah begitu tertariknya dengan sejarah X-Men sampai-sampai mendownload lebih dari 500 chapter Uncanny X-Men, komik yang pertama kali dipublikasi pada tahun 1960an. Sungguh naif memang. Membaca lebih dari 500 komik demi mengikuti sejarah X-Men tentu merupakan hal yang sangat buang-buang waktu, karena itu, hal yang mungkin bisa kita lakukan untuk mengikuti sejarah karakter yang kita sukai tanpa harus membaca begitu banyak komik adalah dengan mencari referensi urutan kronologis (chronological order) dari cerita-cerita penting yang harus dibaca untuk mengetahui sejarah pahlawan yang kita sukai lewat komik.

Membaca sejarah pahlawan-pahlawan yang kita sukai ini sendiri sekarang agak terbantu dengan beberapa reboot yang dilakukan oleh perusahaan komik, dalam hal ini DC dan Marvel. Yang dimaksud dengan reboot di dunia komik ini adalah penceritaan ulang awal mula karakter sehingga pembaca-pembaca yang baru tidak perlu mencari komik-komik dari puluhan tahun yang lalu untuk membacanya. Misalnya saja, cerita Batman diceritakan ulang pada tahun 1987 lewat Batman: Year One. Penceritaan ulang ini sendiri merupakan bagian dari usaha DC Comics pada saat itu untuk me-reboot DC Universe, terlebih lagi saat itu mereka baru saja telah selesai dengan event besar Crisis on Infinite Earths, yang menceritakan kematian banyak tokoh mereka dan berbagai universe (dalam hal ini berarti berbagai versi pahlawan) berbeda yang terdapat di DC Comics.

how-will-captain-america-return-after-his-death-in-civil-war-284103

Blog Penggemar Sebagai Sumber Informasi Kronologis Komik

Masalah utama dalam usaha mengikuti pahlawan-pahlawan super di DC Comics dan Marvel Comics adalah banyaknya spin-off atau versi yang muncul karena perbedaan ide cerita dari masing-masing penulis yang pernah bekerja di kedua perusahaan komik terbesar di Amerika Serikat tersebut. Superman, misalnya, memiliki berbagai versi, begitu pula dengan pahlawan super lainnya seperti Spiderman, Batman, atau malah Thor. Banyaknya spin-off dan judul komik ini sering membuat orang-orang yang baru berniat membaca komik namun ingin mengikutinya sesuai urutan kesulitan. Pertanyaan yang selalu muncul bagi seorang pemula seperti saya adalah: dari mana saya harus mulai membaca?

Era internet yang diwarnai dengan hadirnya berbagai blog penggemar komik membuat pertanyaan ini bisa sedikit terjawab. Blog-blog ini bisa sangat membantu kita untuk mengikuti kisah pahlawan yang kita sukai dengan urutan yang seusai dengan sejarahnya. Contohnya, saya bisa mulai mengikuti kisah Batman sejak awal, dan mengetahui kisah-kisah terpenting dalam sejarah Batman, lewat artikel blog ini. Bagi yang tertarik untuk mengikuti Marvel Universe, kamu juga bisa menemukan urutan yang disarankan oleh penggemar lainnya yang sudah senior, misalnya seperti yang disajikan oleh blog ini. Blog-blog penggemar tersebut sungguh sangat membantu bagi para pemula seperti saya, sehingga tidak perlu lagi benar-benar kebingungan untuk mengetahui komik apa yang perlu saya baca untuk mengikuti kisah pahlawan yang ingin saya ketahui sesuai urutan yang benar.

Lalu di mana saya bisa mencari komik-komik yang ingin saya baca? Jika ingin membacanya secara legal, Marvel menyediakan Marvel Unlimited, di mana dengan membayar sekitar 10 USD per bulan, kamu bisa membaca komik-komik Marvel secara online dengan bebas. Jika ingin membeli komik secara digital karena ingin menyimpannya terus walau sedang offline, kamu juga bisa membelinya dengan harga yang bervariasi di https://comicstore.marvel.com/. DC Comics sepertinya tidak menyediakan akses streaming seperti Marvel Unlimited, tetapi mereka memiliki situs penjualan edisi digital juga kok di https://www.readdcentertainment.com/.

Ingin membaca yang gratisan? Ada situs-situs seperti http://www.hellocomic.com/ atau ComiXology, yang walaupun bisnis utamanya adalah berjualan komik tapi juga sering memberikan komik secara gratis di halaman ini. Mendownload komik di dua situs tersebut memang legal dan gratis, tapi tentu saja edisi yang tersedia terbatas. Bagi yang menginginkan akses komik yang lebih luas lagi dan tetap gratis, jalan utamanya memang hanya mencari yang ilegal (hehehe…). Mudah kok mencarinya, tinggal mengunjungi situs Torrent kesukaan lalu ketikkan judul komik yang kita inginkan.

Tertarik untuk mulai membaca komik tokoh pahlawan super favoritmu? Mumpung bulan puasa, ngabuburit sambil membaca komik boleh juga.

Ant-Man #1 (2015) - Page 4

Update:
Saya baru saja menemukan dua situs yang sangat oke untuk referensi susunan kronologis komik Marvel dan DC. Silakan cek situs The Marvel Chronology Project untuk mengetahui urutan kronologis sejarah tokoh Marvel favoritmu, dan DCU Guide untuk mencari tahu soal tokoh favoritmu di DC Universe.

Advertisements

One thought on “Ini Adalah Saat yang Tepat Untuk Membaca Komik

  1. AFAIK, komik Marvel lebih rumit universe-nya ketimbang komik DC.

    mungkin karena komik Marvel setting lokasinya di dunia asli ya, sementara komik DC kebanyakan settingnya itu lokasi representasi aslinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s