Pocket, Aplikasi Sederhana Tapi Penuh Guna

Gambar: app4droid.com

Gambar: app4droid.com

Apa fungsi ponsel pintar alias smartphone anda?

Setiap orang tentu menggunakan ponsel pintar dengan prioritasnya masing-masing. Ada yang sekadar menggunakannya sebagai alat komunikasi (pesan instan atau instant messaging, pesan pendek atau SMS, dan telepon), ada juga yang menggunakannya untuk hal-hal yang lebih kompleks, termasuk untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, asisten pribadi untuk mengingatkan berbagai macam hal yang harus dilakukan, atau untuk mengakses media sosial. Bagi saya pribadi, ada empat fungsi utama ponsel pintar yang saya gunakan saat ini: untuk berkomunikasi lewat berbagai saluran (pesan teks dan juga suara), untuk mengakses media sosial, melakukan pekerjaan saya, dan untuk membaca.

Fungsi yang terakhir disebut merupakan fungsi yang sangat penting, terutama ketika kita menggunakan ponsel pintar untuk menghabiskan waktu ketika menunggu atau saat di perjalanan menggunakan moda transportasi umum. Walau ponsel pintar memang kurang nyaman untuk digunakan membaca buku, sekalipun ponsel saya memiliki layar 5,5 inci, tapi ia tetap bisa diandalkan untuk membaca artikel-artikel menarik di media-media daring. Ada beberapa aplikasi favorit saya untuk membaca berita-berita menarik: Flipboard, The Guardian, dan Pocket.

Banyak orang sudah mengenal Flipboard, aplikasi berita yang sangat menarik yang menurut Google Play, sudah diinstall lebih dari 100 juta orang. The Guardian adalah aplikasi berita yang dikeluarkan oleh media Inggris ternama, The Guardian, dan sangat saya sarankan untuk mencobanya karena UI dan UX-nya yang sangat bagus. Tapi di antara ketiganya, aplikasi yang paling favorit bagi saya adalah Pocket, yang ternyata tak terkenal-terkenal amat karena sejauh ini baru digunakan kurang dari 10 juta orang di Android.

Pocket pada dasarnya adalah aplikasi untuk menyimpan artikel-artikel yang kita sukai di internet namun tidak sempat untuk membacanya atau baru membacanya sebagian dan ingin membaca sisanya di lain waktu. Fungsinya memang mirip dengan penanda (bookmark) di peramban (browser), tetapi dikombinasikan dengan fitur menyimpan halaman (save page) karena di Pocket, kita bisa membaca artikel-artikel yang sudah kita simpan tersebut secara luring (offline).

Itulah kenapa aplikasi ini, walaupun sebetulnya sederhana, tetapi sangat saya sukai. Aplikasi ini sangat berguna ketika kita menemukan artikel-artikel yang sebetulnya sangat menarik tetapi sangat panjang dan kurang nyaman dibaca menggunakan komputer. Misalnya, artikel tentang Serena Williams dan posisinya sebagai simbol perempuan kulit hitam Amerika di New York Times, atau wawancara menarik Haruki Murakami dengan The Guardian ini. Kita bisa membacanya di berbagai perangkat asalkan kita memasang aplikasi Pocket dan masuk dengan akun pribadi kita. Untuk menyimpan artikel yang kita sukai ketika kita sedang berjelajah di internet menggunakan peramban laptop pun mudah, karena Pocket memiliki add on di Google Chrome maupun Firefox. Tinggal mengklik tombol Pocket di peramban kita ketika kita membuka halaman artikel yang menarik dan ingin kita simpan untuk nanti, artikel tersebut akan langsung tersimpan di akun pribadi kita dan bisa dibaca di berbagai perangkat yang kita miliki.

Tambah menarik karena sekarang Pocket mempunyai fitur artikel rekomendasi, yang diberikan berdasarkan artikel-artikel yang pernah kita simpan di akun Pocket kita. Misalnya, saya sering membaca artikel-artikel tentang sepak bola dan teknologi. Pocket mengidentifikasi artikel-artikel tersebut kemudian mencari artikel-artikel menarik yang memiliki satu tema dengan artikel-artikel yang biasa saya simpan dan merekomendasikannya kepada saya. Fitur ini menyenangkan, apalagi karena rekomendasi artikel yang diberikan, menurut saya, bahkan lebih baik daripada Flipboard.

Pocket kini tersedia di Android, iOS, Windows, Amazon, Kobo e-Reader, Blackberry, dan lainnya.

Advertisements

One thought on “Pocket, Aplikasi Sederhana Tapi Penuh Guna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s